Apa itu Motivasi – Memahami Drive Anda

Apa sebenarnya motivasi itu? Apakah itu kekuatan kemauan? Apakah kita termotivasi untuk mencapai tujuan oleh orang lain yang menginspirasi kita untuk melakukannya? Apa yang membuat kita terus maju hari demi hari tanpa menyerah?

Motivasi dalam istilah psikologis yang menyebabkan perilaku. Dengan kata lain motivasi merupakan alasan atau alasan dibalik suatu tindakan tertentu. Motivasi dapat didasarkan pada kebutuhan dasar. Jika kita lapar maka kita mencari sesuatu untuk dimakan. Kelaparan adalah faktor pendorong. Motivasi juga bisa didasarkan pada keinginan yang lebih tinggi. Setelah Anda selesai makan, Anda mungkin menginginkan sepotong kue. Anda tidak membutuhkan kue tersebut, tetapi Anda termotivasi untuk mendapatkannya karena itu adalah jenis kue favorit Anda. Motivasi juga bisa berakar pada konsep yang lebih tinggi. Jenis motivasi ini ditemukan dalam keyakinan dan moral kita. Contohnya adalah Anda ingin membantu di dapur makanan karena Anda termotivasi untuk membantu orang miskin dan kurang beruntung.

Motivasi diatur terutama oleh ganjaran, ganjaran menjadi pengakuan positif atas perilaku atau rangkaian perilaku tertentu. Itu adalah wortel sebelum keledai. Anda menjuntai wortel di depan keledai untuk membuatnya bergerak. Ada wortel setiap hari dalam hidup Anda yang merupakan motivator Anda untuk mencapai tugas tertentu dengan harapan mendapatkan wortel, atau imbalan pada akhirnya. Imbalan itu sendiri dapat berupa intrinsik atau ekstrinsik. Dalam penghargaan intrinsik bisa sesederhana kepuasan diri atau perasaan pencapaian. Hadiah ekstrinsik bisa berupa apa saja, mulai dari makanan, uang, hingga cinta.

Penghargaan intrinsik dan ekstrinsik bisa lebih atau kurang memotivasi tergantung pada orang atau situasi tertentu. Beberapa orang bekerja sebagai relawan karena ada motivasi intrinsik untuk membantu tanpa imbalan materi. Beberapa orang membutuhkan penghargaan ekstrinsik karena dibayar untuk bekerja dan pujian itu tidak cukup untuk membuat mereka tetap terlibat atau termotivasi. Setiap orang berbeda. Kebutuhan dasar memiliki kekuatan motivasi yang lebih besar atas tindakan kita daripada motivasi berdasarkan kode moral Anda. Misalkan Anda mati kelaparan di jalan. Anda mungkin merasa tidak benar untuk mencuri tetapi kebutuhan Anda untuk makan dapat mengubah prioritas faktor motivasi. Namun sebelumnya, jika Anda mencari Motivator Indonesia yang merupakan Motivator Terbaik Indonesia, dia adalah Arvan Pradiansyah yang aktif sebagai pembicara terutama sebagai Motivator Leadersip.

Beberapa orang sangat termotivasi oleh konsep yang lebih tinggi. Orang yang mungkin melakukan mogok makan karena percaya pada suatu penyebab dapat mengatasi kebutuhan alami mereka akan makanan untuk membuat poin moral. Orang yang memiliki tujuan dan motivasi religius yang tinggi seringkali termotivasi karena keyakinan mereka pada kekuatan yang lebih tinggi. Tindakan tersebut didasarkan pada beberapa faktor motivasi yang kuat. 1) Mereka berusaha untuk menyenangkan kekuatan yang lebih tinggi ini; dan 2) Mereka tidak ingin menyinggung kekuatan yang lebih tinggi. Apakah konsep seseorang yang lebih tinggi memiliki nilai kebenaran atau tidak, alasan di balik motivasi itu logis.

Motivasi, setidaknya terkait dengan gerakan self-help, pada dasarnya adalah jenis yang didasarkan pada keinginan yang lebih tinggi. Individu menginginkan hal-hal tertentu dan dengan demikian mereka berusaha membangun dasar rasional untuk keinginan itu sebagai bangunan untuk mengejarnya. Basis motivasi seperti itu akan berhasil karena pahala terdiri dari elemen intrinsik dan ekstrinsik.

Ada motivasi keinginan untuk mempertimbangkan juga. Ini di antara keyakinan moral dan kebutuhan hidup. Ini adalah hal-hal yang tidak perlu kita butuhkan, tetapi sangat kita inginkan. Keinginan bisa menjadi motivasi yang kuat seperti yang bisa dilakukan hal lain. Itu bisa menjadi kekuatan pendorong dalam kehidupan seseorang. Mereka bahkan mungkin mengabaikan konsep dan kebutuhan yang lebih tinggi untuk mencapai tujuan ini. Seseorang mungkin menginginkan mobil tertentu, tubuh tertentu, rumah tertentu, pekerjaan tertentu. Ini bukanlah hal-hal yang perlu tetapi mereka dapat mendorong seseorang sampai mereka mencapainya. Industri periklanan dibangun di atas konsep motivasi ini.

Dalam analisis terakhir, seseorang perlu melihat apa yang memotivasi mereka. Mereka perlu memutuskan apa yang menjadi kebutuhan, apa keinginan itu, dan cita-cita apa yang mereka coba jalani. Motivasi ini bisa bertentangan satu sama lain. Agar seseorang benar-benar bahagia, mereka harus menyeimbangkan masing-masing faktor motivasi ini. Setiap orang harus memutuskan apa yang benar-benar penting dan apa yang bisa ditinggalkan. Setelah tujuan ini diselesaikan, motivasi dapat dengan mudah membantu kita menuju apa yang kita inginkan dalam hidup kita.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *